Mari Berburu Oleh – Oleh Khas Batam

visit batam

Tips Berburu Oleh – Oleh Khas Batam. Batam merupakan daerah tujuan perantau semenjak dibuka oleh pemerintah di era Soeharto pada tahun 1980-an. Tak heran, Batam bisa dikatakan didominasi oleh penduduk pendatang. Suku asli Batam yang memang tinggal di pesisir, Suku Laut, tak banyak jumlahnya. Jumlah pendatang kian tahun kian bertambah. Kini Batam juga menjadi tujuan wisata, baik turis domestik maupun turis mancanegara. Ada yang kurang jika kita berpergian ke suatu daerah lalu pulang ke rumah dengan tangan hampa. Mungkin begitulah yang terjadi di awal pendudukan Batam. Sering bertanya – tanya, Oleh – oleh khas Batam apa? Beli oleh – oleh khas Batam di mana? Setidaknya kita sebagai perantau pun bingung mau bawa oleh – oleh apa dari Batam menuju ke kampung halaman nan jauh di mato itu .. hehehe.

Busana Muslim BatamJika mungkin bukan yang paling pertama, tapi Kek (Cake) Pisang Villa Batam merupakan salah satu pelopor penggerak komoditi unik berlabel oleh – oleh khas Batam. Kek Pisang Villa Batam merupakan salah satu kreasi warga pendatang yang mampu memperkaya komoditi unik khas Batam. Selain enak, kemasan Kek Pisang Villa boleh dikatakan cukup menarik. Saya sendiri sering menemui penumpang pesawat yang hilir mudik dari Batam membawa sekardus produk ini. Klaim oleh – oleh khas Batam memang yang pertama. Dan dari hasil pembicaraan dengan beberapa teman di Batam, Kek Pisang Villa mendapatkan predikat top of mind jika saya ajukan frase Oleh – oleh khas Batam. Menarik

 

Kek Pisang Villa

Kek Pisang Villa

Oleh – oleh khas suatu daerah, misalnya Batam, memang cenderung ke makanan. Nayadam tampaknya juga mengikuti jejak pendahulunya dengan klaim oleh – oleh khas Batam. Kue Bingka dan Kue Bilis ini cukup unik. Enak pula. Nayadam hadir di kota Batam dan menawarkan alternatif oleh – oleh khas Batam. Mungkin terpacu suksesnya Kek Pisang Villa, tak hanya Nayadam, muncul pula oleh – oleh khas Batam lainnya seperti Coklat Rocklate. Coklat ini belum saya coba sih, tapi menurut kabar berita produknya juga unik dan khas. Sekali lagi, pendatang atau warga Batam akan mempunyai banyak alternatif pilihan untuk membawa oleh – oleh dari Batam.

Coklat Rocklate Sumber: coklatrocklate.com

Coklat Rocklate
Sumber: coklatrocklate.com

Tak hanya kuliner, oleh – oleh khas Batam juga diramaikan dengan hadirnya T-Obenk, kaos khas Batam. T-Obenk menawarkan kaos bertema khas Batam. Mirip Jogja dengan Dagadu atau Bali dengan kaos Joger -nya. T-Obenk hadir sudah cukup lama. T-Obenk sendiri diambil dari nama minuman teh manis yang sering disebut Teh Obeng (teh o’peng) oleh penduduk Batam. Jika dahulu orang membawa kaos bertemakan Singapura, kini warga Batam tak perlu membawa oleh – oleh khas negara Singapura itu, tapi cukup membawa kaos T-Obenk ini.

Dengan mulai menjamurnya oleh – oleh khas Batam ini, saat ini warga Batam tak akan pusing mau membawa oleh – oleh apa dari Batam. Setidaknya hal ini juga menjadi salah satu parameter kesuksesan membangun salah satu pondasi kuat sektor UKM yang mendukung pariwisata Batam secara umum.

Nah, udah ga bingung kan mencari oleh – oleh khas Batam. Mari berburu oleh – oleh khas Batam, semoga saja oleh – oleh ini semakin banyak ragam dan macamnya.

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Belum ada komentar

Leave a Reply