Tips Jalan Jalan Ke Singapura

tips jalan merlion park

Tips jalan – jalan ke Singapura. Mungkin tidak membahas Batam, tapi saya membahas juga bagaimana ke Singapura lewat Batam. Di sini saya juga akan membahas bagaimana prosedur dan tips yang harus dilakukan untuk berpergian ke Singapura lewat Batam. Ke Batam tapi tidak ke Singapura sangat disayangkan. Batam termasuk daerah yang sangat berdekatan dengan negara jiran, Singapura. Akses ke Batam juga tidak sulit, dibandingkan dengan mengakses daerah lain di Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara lain. Seperti Kalimantan, Papua dan daerah lainnya.

Grosir Aksesoris HP Batam

Grosir Aksesoris HP Batam

Syarat pertama dan harus, adalah Paspor Indonesia. Sebagai warga Indonesia, anda harus mempunyai Paspor Indonesia untuk dapat melalui Imigrasi Singapura dan melanglang buana jalan – jalan di Singapura. Tidak ada cara untuk ke Singapura tanpa paspor. Bahkan anak balita sekalipun. Menurut Imigrasi Indonesia, syarat untuk membuat paspor adalah KTP, KK, Akte Lahir atau Ijazah terakhir, Surat keterangan dari perusahaan jika ada, Jika anda pernah ganti nama, lampirkan juga surat keterangan ganti nama dari lembaga yang berwenang. Untuk perpanjangan, syaratnya tidak jauh berbeda, hanya dilengkapi juga dengan paspor lama. Sekedar informasi, anda tidak akan diijinkan masuk ke Singapura jika paspor anda sudah mendekati expired atau kadaluarsa. Banyak kasus di mana teman saya tidak diijinkan masuk ke Singapura lantaran paspornya sudah mau habis 6 bulan berikutnya. Ngurus paspor tidak susah kok, bisa langsung ke Engku Putri saja, di sebelah kantor Pemerintah Kota Batam (pemko Batam), atau di depan gedung DPRD Batam. Jika anda ingin cepat, gunakan fasilitas pembuatan paspor secara online atau via internet. Paspor adalah langkah pertama untuk bisa jalan ke Singapura.

Nah, setelah mempunyai paspor, anda sah bisa ke Singapura, Malaysia, tanpa Visa. Ke Singapura lewat Batam akan ditempuh menggunakan alat transportasi laut yang dinamakan kapal ferry. Ada banyak terminal ferry internasional di Batam ini. Terminal Ferry Internasional Batam Centre, Terminal Ferry Internasional Harbour Bay, Terminal Ferry Internasional Sekupang, Terminal Ferry Internasional Nongsapura dan satu lagi ada di Waterfront City Marina Batam. Semua terminal tersebut akan menuju ke Harbour Front Ferry Terminal Singapura, kecuali Nongsapura. Hanya nongsapura yang menuju ke Terminal Ferry Tanah Merah Singapura.

Jadwal terpagi ferry ke Singapura adalah pukul 06:00 WIB dan terakhir (last ferry schedule) adalah pukul 22:00 WIB. Biasanya jadwal terpadat adalah pada pukul 06:00 sampai 07:00 pada hari biasa dan 09:00 sampai 11:00 pada hari liburan. Tidak sedikit lho warga Indonesia yang menetap di Batam bekerja di Singapura dan melakukan perjalanan bolak balik ke Singapura setiap harinya.

Tiket ke Singapura rata – rata berkisar 20 an SGD. Terakhir saya ke Singapura, saya membeli tiket pulang pergi / round trip dengan total harga SGD 47. Sudah termasuk pajak di kedua sisi terminal ferry (Indonesia dan Singapura). Nah, tips jalan jalan ke Singapura tak akan lengkap tanpa persiapan apa saja yang harus dibawa sebelum meluncur ke sana. Pertama, jangan lupa membeli air minum kemasan. Harga minuman dan makanan di Singapura memang terkenal jauh lebih mahal ketimbang di Indonesia, termasuk Batam. Ke dua, pastikan Paspor anda aman dan mudah dijangkau. Karena di perjalanan terutama di terminal, dokumen ini akan sering diperiksa. Nah, anda juga jangan lupa mengisi form sebelum masuk ke Singapura. Form tersebut akan berisi keterangan diri anda, berapa lama anda akan tinggal di sana dan kemana tujuan anda ke Singapura.

Singapura sendiri berbeda wilayah waktu dengan Indonesia bagian Barat (WIB). Selisihnya 1 jam. Jadi pastikan benar – benar jam berangkat anda sesuai dengan rencana perjalanan anda. Terutama di hari Jumat bagi umat muslim. Singapura bukanlah negara yang mayoritas penduduknya beragama muslim seperti Indonesia. Tak mudah menemukan masjid. Lebih mudah mencari mall dan pusat perbelanjaan di Singapura ketimbang masjid. Tapi tak perlu khawatir. Di jaman modern ini, pastikan anda mampu memanfaatkan peta seperti google maps dan kunjungi situs ini. Situs tersebut akan menjelaskan pada anda lokasi masjid di Singapura dan juga informasi terkait seperti jadwal imsakiyah jika di waktu ramadhan. Mengunjungi Singapura di bulan Ramadhan juga asik kok.

Begitu anda sampai di Harbour Front, anda akan langsung menuju ke loket Imigrasi Singapura. Lalu menuju ke Custom, tempat tas dan barang bawaan anda akan diperiksa. Jangan membawa barang yang dilarang, seperti benda tajam, bahan kimia, bahan peledak, kalau hati yang sedang meledak karena cinta sih boleh. Hihihi.

Jalan – jalan di Singapura dapat anda tempuh dengan cara yang mewah atau yang murah (ga murah banget sih). Yang jelas tips jalan jalan murah akan saya buat posting tersendiri deh. Tunggu saja hehehe. Tapi umumnya anda bisa menggunakan Monorail, Taksi, Bus, dan MRT (mass rapid transit). Nah, hebatnya Singapura, ke tiga angkot itu (MRT, Bus dan Taksi) terkoodinir dalam 1 perusahaan yang sama, SMRT. Nah, jika anda ingin menggunakan Bus, begitu keluar dari Custom, langsung lurus mentok sampai pintu keluar. Trus tinggal nyebrang deh. Mau naik taksi? ada sign board nya sih, tapi simple nya lurus belok kanan. Kalau mau naik MRT sebelumnya jangan lupa beli kartunya. Stasiun MRT nya ada di dekat pintu keluar/masuk paling depannya Harbour Front.

Semua informasi soal rute, biaya MRT dan Bus ada di web resminya SMRT. Tips jalan jalan ke Singapura lewat Batam berikutnya adalah obyek wisatanya. Saya list kan deh, obyek wisata wajib. Yang sunnah nanti saja deh, pokoknya ini yang mainstream. Kalau anda ke Singapura, minimal berfotolah ke sini.

1. Merlion Park

Wah ini wajib, lantaran Merlion alias Singa Laut adalah maskotnya negara Singapura. Foto di dekat Patung Merlion adalah bukti sahih anda pernah ke sini. Letaknya tak jauh dari jembatan Esplanade. Masuk ke sini haratis alias free, alias gretong, a.k.a bersahabat bagi dompet. Untuk menuju ke mari cukup naik MRT arah ke Singapore River. Menuju ke Fullerton Road dan nyebrang. Lalu sebrangi via jembatan Esplanade ke Merlion Park.

2. Universal Studios Singapore

Ke sini memang mahal, tapi harus. Masuk ke sini anda akan dikenai biaya SGD 74. Sekitar segitulah. Kurang lebihnya mohon dimaapkan. Ke sini jangan lupa mejeng dan foto di depan logo Universal Studios. Biar teteup eksis dan narsis.

3. Pulau Sentosa

Yang ini mah deket banget sama Harbour Front. Menuju kesana bisa menggunakan monorail. Tiketnya cuma 4 dolar. Sampai di sana ada juga patung Merlion. Yak, foto foto lagi deh,

4. Marina Bay Sands

Ke sini bukan buat ke Casinonya lho. hehehe. Marina Bay Sands adalah ikon baru Singapura. Kalau anda penggemar Formula 1, anda akan familiar dengan nama daerah ini. Yak, sirkuit F1 ada di sini. Banyak landmark yang bisa dikunjungi seperti Olympic Walk, Helix Bridge, Art Science Museum dan Hotel Marina Bay Sands sendiri. Bus ke sini gampang banget. Tapi mesti jalan sih. 15 menitan lah.

Marina Bay Hotel

5. Garden By The Bay

Sesuai namanya, ini adalah kebun yang buesar buangeet. Di sini ada beberapa bagian yang gratis, ada juga yang dipungut biaya SGD 5. Nah, di sini jangan lupa foto foto di kebun. Eh iya, jangan lupa naik Skyway nya. Bayar 5 dolar gini.

Soal Garden By The Bay ini saya pernah melihat proses pembangunannya di acara Megastructure di National Geographic. Nah, gedung ini dibangun dengan teknologi yang mutakhirrr (muncrat muncrat). Arsiteknya langsung dari England, negara yang pernah menjajah Indonesia dan Singapura. Selain mutakhir, Garden By The Bay juga dibangun dengan teknologi yang ramah lingkungan. Konon listriknya menggunakan limbah kayu dan sampah lainnya sebagai bahan bakar pembangkitnya. Pokoke wuih deh nih tempat.

6. Orchad Road

Nah ini mah surganya bagi anda yang gemar wisata belanja. Banyak mall dan pusat perbelanjaan berkelas internasional di sini.

Sebenarnya masih banyak, tapi karena ini blog yang membahas Batam, masa iya mau dibahas mendetail sih. Oh iya, pulangnya jangan lupa beli coklat di Cocoa Trees di lantai 1 Harbour Front. Dan, pulang deh ke Batam. Begitulah kira – kira tips jalan jalan ke Singapura lewat Batam.

 

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

11 Komentar

  1. Tips Jalan Jalan Ke Singapore | Nurul "Uyun" AzimahNovember 7, 2013 at 12:34 amReply

    […] Aku ingin berbagi tips nih. Buat yang pengen jalan jalan ke Singapore tapi tak tau arah dan tujuan. Bisa menggunakan ini sebagai referensi : Tips Jalan Jalan ke Singapore […]

  2. Tips Berbelanja Fashion Branded di Batam | BatamsianaNovember 22, 2013 at 9:44 amReply

    […] Sebagian besar orang Batam atau pelancong yang ke mari, mencari barang – barang branded di Batam, seperti tas, sepatu, parfum, baju, jaket hingga ikat pinggang branded ke daerah Nagoya. Buruan pertama adalah toko – toko yang berderet di daerah perempatan Nagoya, dekat Bank Mandiri Nagoya. Dari jalan akan jelas terlihat deretan toko dan butik yang menjajakan barang – barang branded. Rekan – rekan saya punya langganan sendiri, masing – masing punya argumen juga. Ada yang bilang toko A ini lebih murah, ada yang bilang toko B yang lebih murah, semua bergantung pada tipe barang dan kemampuan kita untuk sedikit menawar. Memang sih harga barang branded di Batam sangat tergantung dengan kurs mata uang Rupiah terhadap dollar singapura. […]

  3. tiketmurahussJanuary 21, 2014 at 7:21 amReply

    Halo batamsiana.. salam kenal ya.. Aduh sayang banget bayar 74SGD untuk tiket masuk USS. Lain kali kalo kesana lagi dan juga kalo ada teman yang berminat mengunjungi Universal Studio Singapore (USS), bisa cari sama kita yah. Harga tiket dewasa 510 ribu berlaku kapan saja termasuk weekday/weekend/public holiday.

    Kalo mau tau lebih jauh bisa liat facebook page kita dan sharejuga ke temen2. Thanks ya.

    https://www.facebook.com/tiketmurahuss
    whatsapp +65 9 8 Satu 7 7 9 Tiga 4
    tiketmurahuss@gmail.com

  4. Tips Berbelanja Gadget di Batam | BatamsianaMarch 8, 2014 at 2:41 amReply

    […] salah, tapi tidak pula sepenuhnya benar. Image Batam sebagai kota yang sering menjadi gateway nya Singapura dimanfaatkan oleh oknum pedagang yang tidak bertanggung jawab untuk membuat situs online shop gadget […]

  5. Mari Berburu Oleh - Oleh Khas Batam | BatamsianaApril 16, 2014 at 12:46 amReply

    […] Batam. Jika dahulu orang membawa kaos bertemakan Singapura, kini warga Batam tak perlu membawa oleh – oleh khas negara Singapura itu, tapi cukup membawa kaos T-Obenk […]

  6. alfonsohalomoanMay 1, 2014 at 7:44 amReply

    Sangat inspiring Gan….Nice posting !!

    Bingung mau ke tempat wisata yang mana di singapura yang murah tapi berkesan? Ke Universal Studio Singapore aja…Tiket dewasa 510rb/tiket ; Anak-anak 450rb/tiket….untuk cara beli tiket paling murah dan rekomendasi tempat makannya…bisa dilihat di thread kaskus ane Gan disini : http://goo.gl/00exG4

  7. HidayatJune 11, 2014 at 1:21 pmReply

    Batamsiana mau nny nih, kalo dari bandara Hang Nadim ke Pelabuhan terdekat ke pelabuhan apa ya? Lalu transportasi dan berapa hargana kira2? Makasih banyak sebelumnya

    • Author

      Robee Van JavaJune 12, 2014 at 7:24 amReply

      pelabuhan domestik atau internasional. kalau domestik ke punggur aja. soal harga sih tergantung tujuannya.
      kalau internasional ya ke batam centre.

  8. liburan singaporeJuly 1, 2014 at 3:20 pmReply

    enak ya liburan ke singapore
    kapan ya bisa kesana…

  9. Oleh-oleh khas batam | taufanakbarfasyaJune 3, 2015 at 7:42 amReply

    […] Batam. Jika dahulu orang membawa kaos bertemakan Singapura, kini warga Batam tak perlu membawa oleh – oleh khas negara Singapura itu, tapi cukup membawa kaos T-Obenk […]

Leave a Reply